Silaturahmi dan Diskusi Pleno APPERTANI

Silaturahmi dan Diskusi Pleno APPERTANI

Aliansi Peneliti Pertanian Indonesia (APPERTANI) yang didirikan pada tanggal 25 Nopember 2020 dan dikukuhkan dengan SK Menkumham No. AHU-0013016.AH.01.07 Th. 2020 7 Januari 2021, menyelenggarakan silaturahmi dan diskusi pleno pengurus lengkap dengan anggota dan Tim Pakar secara hybrid; daring via Zoom meeting ID:967 4271 4814 dan luring di Aula Padi Puslitbang Tanaman Pangan pada tanggal 19 Maret 2022. Pertemuan diikuti oleh sekitar 50 orang peserta, terdiri atas Penasehat Senior, Pengurus, Pengawas, Tim Pakar APPERTANI serta undangan dari FKPR, PT AIM, PT AZUMA, dan perwakilan Eselon I lingkup Kementan.

Pertemuan ini utamanya dimaksudkan untuk: 1) memperkenalkan, merancang dan menetapkan format kelembagaan,  membangun data based, mengevaluasi status peran dan perkembangan kegiatan organisasi, 2) membahas arah dan strategi program organisasi dan   kerjasama sesuai dengan misi organisasi, 3) membahas mekanisme penjaringan,  sistem pengelolaan serta pelaksanaan kegiatan  kedepan dan mendapatkan  informasi peluang kerjasama dengan Kementan. Topik lain yang dibahas adalah  keberadaan dan  posisi Forum Komunikasi Profesor Riset (FKPR) pasca integrasi fungsi penelitian dan pengembangan ke Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), disamping upaya membangun  kerjasama dan sinergi manajamen bersama FKPR-APPERTANI-PT AIM, khususnya APPERTANI dengan PT. AIM.

Pengalaman dan Pembelajaran dari lima kegiatan yang sudah, sedang dan akan dikerjakan APPERTANI, kebanyakan diperoleh secara pasif yang diinisiasi  oleh mitra bersama beberapa personal Tim Pakar/Dewan Pengawas. Ke depan, tantangannya adalah APPERTANI harus lebih pro-aktif menginisasi dan  mencari kegiatan kerja sama dengan mengajukan proposal sesuai dengan koridor kepakaran APPERTANI kepada pihak lain termasuk dengan BRIN. Perlu improvement institusi seperti website, manfaatkan dan perluas network yang sudah dibangun untuk menjadi konsultan profesional dalam “INOVASI DAN SOLUSI PERTANIAN”.